11/28/2014

Pesona Wisata Alam Raja Ampat Papua



pesona-wisata-alam-raja-ampat-papua
Pesona Wisata Alam Raja Ampat Papua - Raja Ampat Papua merupakan salah satu tempat primadona tujuan bagi para traveler. 

Pesona alam bawah lautnya terkenal eksotik dan memiliki terumbu karang yang masih sangat alami. Inilah destinasi utama pencinta wisata dan penyelam bawah laut.

75 % biota laut dunia ada di Raja Ampat. Kurang lebih 1511 spesies ikan, 700 moluska serta 540 jenis karang akan menyambut kedatangan para traveler domestik dan mancanegara.

Wisatawan dapat menikmati Pulau Waigeo, diving di Waiwo, mengunjungi Desa Wisata Sawingrai untuk melihat burung cendrawasih, dan ke Pianemo yang merupakan gugusan pulau kecil di Raja Ampat atau ke kepulauan Wayag yang menjadi primadona Raja Ampat dan juga tempat diving yang indah.

Di Raja Ampat juga bisa ditemukan lokasi bangkai kapal kargo zaman perang dunia ke II, di tempat menyelam Shinwa Maru dan juga tempat bangkai pesawat A 40 yang dahulu jatuh tertembak di kedalama 27 meter. Bangkai pesawat ini masih utuh dan ditemukan pada tahun 1999 lalu.

Keindahan panorama Raja Ampat tidak hanya di bawah laut tetapi juga darat dan udara. Pulau-pulau karang serta burung-burung yang terbang menambah eksotisnya pesona alam Raja Ampat. 

Asal Usul Raja Ampat

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat setempat, asal usul nama Raja Ampat diawali oleh seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Dari ketujuh telur itu, empat telur menetas dan menjadi raja di empat wilayah yaitu Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat.

Ketiga butir lainnya menetas menjadi sebuah batu, hantu dan seorang wanita. Itulah kenapa nama daerahnya menjadi Raja Ampat yaitu empat orang raja yang berkuasa di wilayah tersebut.

Bagaimana Mencapai Raja Ampat

• Pesawat Jakarta Sorong
Ada sejumlah maskapai penerbangan yang melayani rute ini, baik langsung ataupun transit di Makasar, Ambon atau Manado, seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Express Air dan Lion Air.
• Kapal Laut PT Pelni
KM Ciremai, KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo, dan KM Doloronda. Waktu perjalanan 5-9 hari dari Tanjung priok Jakarta.  
• Dari Bandara Sorong ke Pelabuhan Sorong
Bisa dicapai dengan menggunakan angkutan kota atau ojek motor.
• Kapal penyeberangan dari pelabuhan sorong ke Waisai
Lama perjalanan sekitar 2 jam. Keberangkatan setiap pukul 14.00 (Senin - Minggu) serta pukul 09.00 (Senin, Rabu, Jumat).
• Pulau Waisai ke Pulau Terdekat serta Pulau Luar
Sewa kapal cepat dengan kapasitas kurang lebih 10 orang.

Rekomendasi Untuk Anda
×