9/08/2014

Wisata Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi



wisata-pantai-pelabuhan-ratu-sukabumi
Pantai Pelabuhan Ratu - Pelabuhan Ratu merupakan salah satu kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten Sukabumi. Terletak di bagian selatan Jawa Barat. Di masa Hindia Belanda, daerah ini dikenal dengan nama Wijnkoops-baai (wikipedia).

Pesona Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi bagi sebagian orang lebih dikenal kemistisannya. Itu dikarenakan karena adanya cerita yang berkembang di masyarakat akan sosok Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Di salah satu hotel di pantai Pelabuhan Ratu, Samudera Beach Hotel bahkan disediakan salah satu kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul.

Terlepas dari cerita rakyat tersebut, Pantai Pelabuhan Ratu memiliki pesona wisata pantai yang patut untuk dikunjungi. Pantai-pantai di Pelabuhan Ratu berjejer memanjang mulai dari pantai Citepus, Cimaja, Cibangban, Karang Hawu, Break Water, Kebon Kelapa, dan Tenjo Resmi. 

Perjalanan wisata ke Pelabuhan Ratu kali ini dimulai melalui jalur biasa melewati daerah Cikembar dst. Jalan-jalan di rute Cikembar ini di beberapa titik banyak yang baru di overlay (tambal sulam), tetapi di beberapa titik ada juga yang masih berlobang. Rute biasa ini memang jaraknya lebih jauh apabila dibandingkan melewati rute jalur Cikidang. 

Perjalanan melalui rute Cikembar ini memang lebih ramai, lebih mudah menemukan pom bensin, mesjid ataupun toko swalayan. 

Memasuki kota Pelabuhan Ratu, anda akan menjumpai tempat pelelangan ikan yang letaknya dekat pasar Pelabuhan Ratu. Bergerak lagi kearah selatan akan mulai terlihat pemandangan laut serta deretan perahu nelayan.

Pantai Citepus
Pantai yang lokasinya paling dekat dengan kota pelabuhan ratu serta tempat pelelangan ikan. Tempat parkir nya cukup luas, serta berderet warung makan seafood di sepanjang sisi pantai Citepus. Sejauh mata memandang terlihat hamparan pasir kecoklatan dengan deburan ombak pantai laut selatan. Pantai Citepus ini biasanya lebih ramai pengunjung di hari sabtu, minggu dan juga hari libur. Terdapat beberapa penginapan atau rumah yang bisa disewa, tarifnya sekitar 300 ribu - 400 ribu / malam.

Pantai Cibangban
Seperti halnya Pantai Citepus, Pantai Cibangban ini juga biasanya lebih ramai pengunjung di hari sabtu, minggu dan juga hari libur. Selain pemandangan lautnya yang indah, tempat parkir di pantai Cibangban ini lebih luas dibandingkan dengan pantai Citepus.

Pantai Cimaja
Pantai yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk melakukan surfing. Deburan ombak nya yang menantang, menjadikan Pantai cimaja ini banyak dikunjungi wisatawan luar negeri yang ingin mengadu nyali untuk untuk surfing menaklukan ombak pantai laut selatan.

Pantai Karang Hawu
Pantai karang yang lebih menjorok ke laut. Disebut Karang Hawu karena bentuk karang nya yang mirip tungku. Tungku dalam bahasa sunda disebut 'hawu'. Sesuai namanya, di pantai ini terdapat karang - karang yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk sekedar berjemur atau pun melakukan foto selfie.



Dari pantai Karang Hawu, tujuan terakhir adalah tanjakan habibi. Dari tanjakan habibi ini bisa terlihat pemandangan laut pelabuhan ratu yang eksotis. Perpaduan panorama laut serta bukit nya, menjadikan tanjakan habibi menjadi tempat untuk sekedar istirahat atau mampir sebelum melanjutkan perjalanan ke arah pantai Sawarna.

Beragam wisata kuliner yang bisa ditemui di pelabuhan ratu ini, mulai dari Seafood, restoran masakan sunda sampai baso ikan. Restoran Seafood serta Restoran Masakan Sunda akan mudah ditemui disepanjang deretan sisi-sisi pantai. 

Untuk penggemar Baso, rekomendasi dari Travel | Portal Blog, anda bisa mencoba warung baso Gurilem, lokasi nya berada di daerah Bojong Kopo. Dari arah Sukabumi, belok kiri tepat ke arah jembatan bagbagan. Jaraknya kurang lebih 500 meter dari jembatan. Ada pilihan Baso Ikan, Baso Daging, Baso Urat dan juga Mie Ayam. Rasa ikan nya sangat terasa, enak serta harganya lumayan murah.

Setelah wisata pantai Pelabuhan Ratu serta wisata kuliner, perjalanan pulang dipilih rute Cikidang. Jalan yang berliku disertai pemandangan alam pegunungan yang indah tersaji di rute ini. Saran untuk anda yang ingin ke pelabuhan ratu melalui rute Cikidang ini, hindari melakukan perjalanan malam serta berhati-hati dalam berkendaraan karena di rute ini akan banyak ditemui jalan berkelok, serta turunan dan tanjakan yang kemiringannya cukup ekstrim.
Rekomendasi Untuk Anda
×